Metode Persiapan UKMPPD

METODE-METODE PERSIAPAN

Beberapa metode bimbingan yang sudah disiapkan oleh FKK UMJ untuk membantu para kandidat menghadapi UKMPPD, diantaranya:

  1. Briefing calon kandidat
  2. Review I persiapan MCQs CBT
  3. Review I persiapan OSCE
  4. Tryout MCQs CBT
  5. Tryout OSCE
  6. Pengumuman kelulusan Tryout MCQs CBT-OSCE
  7. Briefing Kandidat
  8. Review II persiapan MCQs CBT
  9. Review II persiapan OSCE

BRIEFING CALON KANDIDAT

Briefing dilakukan oleh Ketua tim UKMPPD FKK UMJ di lingkungan FKK UMJ yang dihadiri oleh seluruh calon kandidat dan tim UKMPPD FKK UMJ.

REVIEW I PERSIAPAN MCQS CBT

Proses review dengan menggunakan sistem Cased Based Review. Calon kandidat akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang akan ditemani dengan satu tutor di setiap kelompoknya. Tutor adalah dosen tetap/dosen kader S-1/S-2 FKK UMJ yang akan menemani proses review kelompok. Review akan dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Setiap calon kandidat akan akan mendapatkan soal 2 hari sebelumnya dari tim UKMPPD FKK UMJ dan soal mandiri dan akan didiskusikan bersama dengan anggota kelompok. Soal yang tidak selesai dibahas di kelompok akan dikumpulkan sesuai dengan bidang keilmuan dan akan dilakukan review dengan pakar terkait. Pakar adalah dosen tetap dokter spesialis dosen tetap/tidak tetap FKK UMJ. Hasil diskusi kelompok dibuat dalam bentuk laporan soft copy dan akan dikumpulkan ke sekretariat UKMPPD paling lambat 1 minggu setelah proses review pakar selesai.

REVIEW I PERSIAPAN OSCE

Proses review dilakukan sebanyak 1-2 kali. Calon kandidat akan dibagi dalam kelompok kecil dan akan masuk ke station-station berdasarkan dengan sistem tubuh yang diujikan di UKMPPD, diantaranya:

  1. Sistem Saraf
  2. Psikiatri
  3. Sistem Indra
  4. Sistem Respirasi
  5. Sistem Kardiovaskular
  6. Sistem Gastrointestinal, Hepatobilier, dan Pankreas
  7. Sistem Ginjal dan Saluran Kemih
  8. Sistem Reproduksi
  9. Sistem Endokrin, Metabolisme, dan Nutrisi
  10. Sistem Hematologi dan Imunologi
  11. Sistem Muskuloskeletal
  12. Sistem Integumen

Station akan diisi oleh dokter-dokter spesialis terkait ditemani oleh dosen kader/dosen tetap S2 dan akan berdiskusi keterampilan klinik selama 20-30 menit mengenai materi terkait dengan berdasar daftar tilik yang tersedia di FKK UMJ.

TRYOUT MCQS CBT

Tryout MCQs CBT dilakukan sebanyak 3-4 kali secara lokal FKK UMJ dan Bench Mark (BM) APKKM. Tryout MCQs CBT dilakukan di ruang CBT FKK UMJ dengan jumlah soal 200 selama 200 menit. Soal Tryout MCQs CBT lokal FKK UMJ didapatkan dari tim Item Bank Administrator (IBA) dan UMKPPD FKK UMJ sedangkan untuk Tryout MCQs CBT BM APKKM didapatkan dari IBA yang sudah disepakati pada pertemuan APKKM. Nilai batas lulus adalah 65 yang diambil dari total nilai tryout dibagi dengan jumlah tryout yang berlangsung di FKK UMJ. Setiap calon kandidat wajib mengikuti seluruh kegiatan tryout. Tryout susulan hanya boleh diikuti oleh calon kandidat yang berhalangan hadir dengan alasan kuat disertai dengan bukti terkait dan disetujui oleh Ketua UKMPPD FKK UMJ. Pada saat tryout berlangsung calon kandidat hanya diperbolehkan membawa nametag dan kartu identitas. Apabila terdapat kecurangan dari calon kandidat maka tim UKMPPD FKK UMJ berhak mendiskualifikasi tryout calon kandidat tersebut.

 TRYOUT OSCE

Tryout OSCE dilakukan sebanyak 1 kali secara lokal FKK UMJ. Tryout OSCE dilakukan di ruang OSCE FKK UMJ. Tryout OSCE akan disesuaikan berdasarkan dengan sistem tubuh yang diujikan di UKMPPD.

  1. Sistem Saraf
  2. Psikiatri
  3. Sistem Indra
  4. Sistem Respirasi
  5. Sistem Kardiovaskular
  6. Sistem Gastrointestinal, Hepatobilier, dan Pankreas
  7. Sistem Ginjal dan Saluran Kemih
  8. Sistem Reproduksi
  9. Sistem Endokrin, Metabolisme, dan Nutrisi
  10. Sistem Hematologi dan Imunologi
  11. Sistem Muskuloskeletal
  12. Sistem Integumen

Nilai batas lulus adalah 80% dari kelulusan jumlah station saat tryout. Tidak terdapat tryout OSCE susulan. Pada saat tryout berlangsung calon kandidat hanya diperbolehkan membawa nametag dan kartu identitas. Apabila terdapat kecurangan dari calon kandidat maka tim UKMPPD FKK UMJ berhak mendiskualifikasi tryout calon kandidat tersebut.

PENGUMUMAN KELULUSAN TRYOUT MCQS CBT-OSCE

Pengumuman kelulusan Tryout MCQs CBT-OSCE dlakukan melalui website www.fkkumj.ac.id. Calon kandidat yang dinyatakan lulus maka akan menjadi kandidat UKMPPD FKK UMJ.


BRIEFING KANDIDAT

Briefing dilakukan oleh Ketua tim UKMPPD FKK UMJ di lingkungan FKK UMJ yang dihadiri oleh seluruh kandidat dan tim UKMPPD FKK UMJ.

REVIEW II PERSIAPAN MCQS CBT

Proses review dengan menggunakan sistem Cased Based Review. Kandidat akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang akan ditemani dengan satu tutor di setiap kelompoknya. Tutor adalah dosen tetap/dosen kader S-1/S-2 FKK UMJ yang akan menemani proses review kelompok. Review akan dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Setiap kandidat akan membahas soal yang akan didapatkan dari tim UKMPPD FKK UMJ dan soal mandiri dan akan didiskusikan bersama dengan anggota kelompok. Soal yang tidak selesai dibahas di kelompok akan dikumpulkan sesuai dengan bidang keilmuan dan akan dilakukan review dengan pakar terkait. Pakar adalah dosen tetap dokter spesialis dosen tetap/tidak tetap FKK UMJ. Hasil diskusi kelompok dibuat dalam bentuk laporan soft copy dan akan dikumpulkan ke sekretariat UKMPPD paling lambat 1 minggu setelah proses review pakar selesai.

REVIEW II PERSIAPAN OSCE

Proses review II dilakukan dengan cara kelompok belajar mandiri sebanyak 1 kali. Kandidat akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan akan masuk ke station-station dan didampingi oleh tutor masing-masing. Diskusi dengan dasar skenario dan keterampilan klinik.

© FKK UMJ UKMPPD 2016 Frontier Theme